Rabu, 13 Maret 2013

Geografi: Unsur-unsur Lingkungan


Lingkungan alam meliputi hamparan laut biru yang luas, dataran, bukit-bukit, pegunungan, langit biru yang di sinari matahari, dan makhluk hidup. Lingkungan alam merupakan salah satu bagian bagian dari lingkungan hidup.  Lingkungan hidup mencakup lingkungan alam yang meliputi lingkungan fisik, biologi, dan sosial budaya. Lingkungan hidup mencakup segi lingkungan fisik dan lingkungan budaya.
Pengertian lingkungan hidup adalah kesatuan ruang dengan semua benda, daya, keadaan, dan makhluk hidup termasuk manusia, dan perilakunya yang mempengaruhi kehidupan dan kesejahteraan manusia serta makhluk hidup lain.

Lingkungan hidup merupakan suatu sistem yang meliputi alam hayati, lingkungan alam hewani, dan sosial. Semua komponen tersebut memiliki pengaruh   terhadap  kelangsungan  kehidupan  dan kesejahteraan manusia serta makhluk hidup lainya. Semua komponen-komponen itu berhimpunan dalam satu wadah. Satu yang menjadi tempat berkumpulnya komponen itu, disebut ruang.

Pada ruang ini, berlangsung ekosistem, yaitu suatu susunan organisme hidup, dimana diantara lingkungan abiotik dan organisme tersebut terjalin interaksi yang yang harmonis dan stabil, saling memberi dan menerima kehidupan. Contoh ekosistem misalnya sawah, laut, pulau, danau, hutan dll.




Interaksi antara berbagai komponen tersebut ada kalanya bersifat positif dan tidak jarang bersifat negatif. Keadaan yang bersifat positif dapat terjadi apabila terjadi keadaan yang mendorong dan membantu kelancaran berlangsungnya proses kehidupan, yaitu berlangsung dengan serasi dan seimbang.
Interaksi yang bersifat negatif terjadi apabila proses interaksi lingkungan terganggu, sehingga berjalan dengan saling merugikan. Contoh: Pembalakan hutan, Pembakaran hutan,serta Perindustrian yang merusak lingkungan.
ImageImage

Gambar 1 dan 2 menunjukkan interaksi yang bersifat positif. Gambar 1 menunjukkan petani sedang mencangkul tanah. Keadaan ini saling menguntungkan karena tanaman bisa tumbuh dengan baik  ditanah yang subur dan gembur. Sebagai gantinya, petani bisa memanen hasil dari tumbuhan tersebut. Gambar 2 menunjukkan masyarakat sedang menanam pohon bakau. Keadaan ini saling menguntungkan karena tumbuhan bakau bisa tumbuh dengan baik di daerah pantai. Sehingga ikan, kepiting, serta udang mendapat tempat tinggal di pohon bakau ini. Manusia juga ikut diuntungkan karena pohon bakau bisa menahan abrasi (pengikisan tanah yang disebabkan oleh air laut)
ImageImage
Gambar 3 dan 4 menunjukkan interaksi yang bersifat negatif. Gambar 3 menunjukkan hutan yang telah ditebang tanpa ada upaya peremajaan hutan. Hal ini jelas-jelas merugikan tumbuhan karena tempat tinggal tumbuhan telah digunakan manusia sebagai perindustrian, perumahan, perkebunan, dll. Tetapi tidak ada usaha untuk melestarikan tumbuhan yang telah ditebang. Gambar 4 menunjukkan penambangan bahan tambang. Penambangan dapat merusak lingkungan. Karena lahan yang telah dijadikan pertambangan menjadi kering. Jika tidak ada upaya, maka lahan bekas penambangan tersebut tidak bisa ditanami lagi.
Unsur - unsur lingkungan

  1. Unsur Fisik
          Unsur fisik yaitu segala sesuatu yang terdapat di sekitar kita, berwujud benda  mati seperti tanah, air, udara, gunung, bukit, lembah, dll. Unsur fisik atau unsur abiotik bukan buatan manusia, tapi memegang peran penting  dalam memberi dan melestarikan kehidupan di bumi. Tanpa unsur-unsur fisik, kehidupan di bumi tidak akan pernah ada. Tanah, air, dan udara adalah unsur penting dalam memberikan kehidupan. Air di butuhkan makhluk hidup untuk melarutkan makanan, orang dapat hidup berhari-hari tanpa makan asal dia masih minum air.
          Udara di perlukan untuk pernafasan manusia, tumbuhan, dan binatang. Setiap saat kita bernafas, menghirup udara, dan mengeluarkan udara. Oleh karena itu kita harus menjaga agar udara tetap bersih, segar , dan tidak tercemar. Udara yang menyelubungi bumi adalah Nitrogen (78%), Oksigen (21%), Argon (0,9%), Karbondioksida (0,03%), dan Neon, Hidrogen, Ozon, Krypton, dan gas lainnya sebesar 0,07%
Tanah sebagai tempat hidup organisme, sangat penting bagi kehidupan. Tanah yang subur menjadi tempat tumbuhnya tanaman pangan bagi manusia atau hewan, tanah juga berfungsi menyimpan air bagi tumbuhan. Dan tanah sebagai tempat hidup makhluk hidup yang ada di daratan.
ImageImage
Gambar 5 dan 6 adalah unsur fisik lingkungan. Gambar 5 adalah tanah yang merupakan tempat hidup berbagai makhluk hidup di daratan, serta berfungsi menyimpan air dan bahan tambang. Gambar 6 adalah air yang keberadaannya sangat dibutuhkan oleh makhluk hidup. Selain itu, air adalah tempat tinggal berbagai makhluk yang hidup di air.
B.Unsur Biotik
Unsur biotik yaitu segala sesuatu yang terdapat di sekitar kita yang merupakan makhluk hidup (organisme), seperti binatang, dan tumbuhan. Demikian pula halnya unsur biotik tersebar di daratan, laut, dan juga udara. Semuanya hidup dalam keadaan seimbang, serasi apabila tidak ada gangguan yang merusak, terutama gangguan yang disebabkan oleh manusia.
Kelangsungan dan kesejahteraan hidup manusia tidak dapat lepas dari unsur-unsur biotik, baik di daratan, maupun di lautan, karena manusia membutuhkan binatang dan tumbuh-tumbuhan sebagai sumber kehidupan seperti makan, pakaian dan sebagainya. Gangguan terhadap unsur  biotik akan berdampak pada kehidupan manusia serta unsur biotik yang lain.
Ekosistem Biotik di bedakan menjadi dua, yaitu produsen dan konsumen. Kelompok produsen adalah Autotrof  ( dapat membuat makanan sendiri) yaitu tanaman hijau. Sedangkan kelompok konsumen adalah Heterotrof (tidak mampu membuat makanan sendiri), yaitu hewan.
ImageImage
Gambar 7 dan 8 merupakan unsur biotik lingkungan. Gambar 7 adalah tumbuhan sebagai produsen yang dapat membuat makanan sendiri. Gambar 8 adalah hewan sebagai konsumen yang tidak dapat membuat makanan sendiri.
C. Unsur Budaya Sosial
Unsur-unsur budaya adalah segala sesuatu yang berasal dari hasil pikiran dan akal manusia. Unsur Budaya termasuk di dalamnya semua ciptaan manusia seperti pabrik, gedung, kendaraan, industri dll.  
Unsur sosial adalah unsur binaan dan kebiasaan serta adat istiadat yang dianut oleh masyarakat .
Peran unsur budaya sangat dominankarna unsur budaya dapat merusak, memperbaiki, dan melestarikan. Banyak industri yang menyebabkan pencemaran pada lingkungan alam.
Keserakahan manusia yang hanya mementingkan aspek ekonomi tanpa menghiraukan kelestarian lingkunganyang dapat merusak lingkungan, demikian pula kebiasaan membuang sampah, dan limbah rumah tangga secara sembarangan ke sungai, dapat membuat pencemaran, khususnya perairan.
ImageImage
Gambar 9 adalah perindustrian sebagai sarana produksi manusia. Gambar 10 adalah jalan raya sebagai sarana transportasi umum.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar