Senin, 15 September 2014

Elektronika: Robot Light Follower


Robot light follower adalah robot yang bisa bergerak mengikuti jalur pandu cahaya. Cahaya pandu yang digunakan dalam hal ini adalah cahaya lampu senter yang dihadapkan di depan robot, kiri, kanan,tengah, karena robot tersebut akan menginputkan algoritma yang sudah diprogram yang dimana algoritma tersebut membandingkan mana cahaya yang lebih terang maka robot tersebut akan mengikuti arah cahaya yang lebih terang dan diterima oleh LDR (Light dependent resistor).
Light Follower dirancang untuk bergerak menuju sumber cahaya, sensor cahaya yang digunakan adalah dioda foto (photodiode). Apabila dioda foto dikenai cahaya dengan intensitas tertentu, maka nilai resistansi menurun sehingga ada arus mengalir menuju resistor variabel 10 kΩ. Sebagian arus dialirkan menuju kaki basis transistor BD139 yang difungsikan sebagai saklar elektronik untuk menyalakan motor. Begitu kaki basis (B) transistor BD139 mendapatkan arus yang cukup, maka arus dari kaki kolektor (C) dapat mengalir menuju kaki emitor (E) sehingga motor menyala. Dioda yang dipasang paralel dengan motor berguna sebagai pengaman arus balik yang dihasilkan oleh kumparan pada motor supaya tidak mengalir ke arah transistor karena dapat merusaknya.
Sementara itu, lampu LED yang disertakan hanyalah sebagai aksesori. Oleh karena itu, LED dapat ditiadakan atau agar tampak lebih menarik bisa diganti dengan LED banyak warna yang berkedip-kedip.
Komponen:
U  Resistor R  10kΩ = 2 buah
U  Photodiode = 2 buah
U  LED = 2 buah
U  Transistor BD139 = 2 buah
U  Dioda 1N4002 = 2 buah
U  Motor DC = 2 buah
U  Kabel
U  Papan PCB
U  Baterai 3V = 2 buah



1 komentar: