KATA PENGANTAR
Assalamualaikum
Wr. Wb
Pertama-tama
kami ingin mengucapkan puji dan syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang
senantiasa melimpahkan rahmat-Nya kepada kami, sehingga dapat menyelesaikan
susunan karya tulis yang berjudul “Pengaruh Internet Terhadap Minat Belajar
Siswa”.
Kami
mengucapakan banyak terimakasih kepada Bapak Wahyuaji, S.Pd.
sebagai guru Bahasa Indonesia yang telah banyak membantu dalam proses pembuatan
karya tulis ini. Kami juga mengucapkan terimakasih kepada orangtua kami,
teman-teman yang membantu pengerjaan karya tulis ilmiah ini, dan semua pihak yang telah membantu dalam pembuatan
karya tulis ini.
Karya
tulis ini dibuat untuk memenuhi tugas Bahasa Indonesia. Namun, kami harap karya
yang tidak seberapa ini dapat membantu untuk menjadi inspirasi bagi pembuat
karya tulis selanjutnya.
Sebagai
penulis, kami menyadari bahwa masih banyak kesalahan yang membuat karya tulis
ini kurang sempurna. Oleh karena itu, kami mengaharapkan banyak kritik dan
saran supaya pada kesempatan berikutnya, kami dapat mengahsilkan karya tulis
yang lebih baik lagi.
Wassalamualaikum
Wr. Wb
Sidoarjo, 13 Desember 2012
Penulis
DAFTAR
ISI
Halaman Pengesahan..................................................................................................i
Kata Pengantar..........................................................................................................ii
Daftar Isi...................................................................................................................iii
BAB I
PENDAHULUAN
1.1
Latar belakang.....................................................................................................1
1.2
Rumusan masalah................................................................................................2
1.3
Tujuan penulisan.................................................................................................2
1.4
Manfaat penulisan...............................................................................................3
BAB II DESKRIPSI
TEORI DAN KERANGKA BERPIKIR
2.1 Deskripsi
Teori…………………………………………………………………4
2.2
Kerangka Berpikir……………………………………………………………...6
BAB III
METODE PENELITIAN
3.1
Tujuan Penelitian………………………………………………………………7
3.2
Waktu dan Tempat Penelitian………………………………………………….7
3.3
Metode Penelitian………………………………………………………………7
3.4
Populasi
Penelitian……………………………………………………………..7
3.5
Sampel
Penelitian………………………………………………………………8
3.6
Instrumen
Penelitian……………………………………………………………8
3.7
Teknik
Pengumpulan Data……………………………………………………..8
3.8
Teknik
Analisis Data…………………………………………………………...8
BAB IV PEMBAHASAN
4.1 Hasil Penelitian…………………………………………………………………9
4.2
Analisis
Hasil Penelitian……………………………………………………...11
BAB V
PENUTUP
5.1
Kesimpulan…………………………………………………………………...16
5.2
Saran…………………………………………………………………………..16
DAFTAR PUSTAKA……………………………………………………………..17
BAB
1
PENDAHULUAN
1.1 Latar
Belakang
Internet merupakan
teknologi masa kini yang mempunyai peran sangat penting di masa era globalisasi
saat ini. Internet diibaratkan sebagai perpustakaan dunia, yang bisa kita akses
dengan mudah dan dapat memenuhi segala kebutuhan yang kita
perlukaan. Internet mempunyai jaringan data yang mendunia, seseorang bias
mengakses dengan bebas di dalam internet sesuai dengan kehendaknya.
Bahkan sedikit orang
yang mengatakan bahwa internet merupakan dunia baru yang di dalamnya meliputi
beberapa aspek, dari mulai ekonomi, politik, pendidikan, pengetahuan tentang
alam, jaringan sosial, game online dan lain-lain. Khususnya di dunia pendidikan,
internet memberikan kontribusi yang cukup besar, dengan kemudahan mengakses
data-data, dapat memudahkan proses belajar mengajar. Sejumlah penelitian
membuktikan bahwa dalam penggunaan internet pada pembelajaran menjadi suplemen
yang bermanfaat dan memiliki pengaruh-pengaruh yang positif terhadap
penyelesaian tugas-tugas siswa.
Namun, internet juga
memliki dampak negatif, berdasarkan fakta yang terjadi saat ini keberadaan
internet banyak juga menimbulkan masalah-masalah, terutama dalam dunia
pendidikan. Kecanggihan internet yang dapat menembus ruang dan waktu
menyebabkan beberapa siswa dan pelajar-pelajar lainnya terbawa oleh arus
teknologi internet. Bahkan sebagian dari mereka banyak menghabiskan waktunya
hanya untuk bermain game online atau situs-situs jejaring sosial.
Berdasarkan uraian diatas, pada
kesempatan ini penulis ingin menjabarkan tentang “Pengaruh Internet terhadap
Minat Belajar Siswa“. Hal ini didasarkan dengan banyaknya penggunaan internet
dikalangan siswa pada umumnya.
1.2 Rumusan
Masalah
Berdasarkan latar
belakang yang telah disampaikan maka penulis memunculkan beberapa masalah untuk
diteliti. Diantaranya sebagai berikut :
1.
Bagaimana
perkembangan internet di Indonesia?
2.
Apakan
manfaat dan dampak penggunaan internet terhadap minat belajar siswa?
3.
Apakah
pengaruh internet terhadap minat belajar siswa?
4.
Bagaimana
permasalahan internet terhadap dunia pendidikan?
5.
Bagaimana
cara penanggulangan dampak negatif penggunaan internet terhadap minat belajar
siswa?
6.
Bagaimana
cara meningkatkan minat belajar siswa?
1.3 Tujuan
Penulisan
Tujuan dari karya tulis ini adalah:
1.
Dapat
menjadi motivasi untuk mengembangkan sikap positif, pengetahuan dan wawasan
bagi pembacanya.
2.
Agar
siswa mengetahui tentang dampak positif dan negatif dari penggunaan internet.
3.
Supaya
mengetahui pengaruh internet terhadap minat belajar.
4.
Sebagai
pengetahuan tambahan bagi siswa tentang perkembangan internet di Indonesia
1.4 Manfaat
Penulisan
Manfaat dari penelitian
tentang pengaruh internet antara lain :
1.
Bagi
Pelajar
a.
Memperoleh
pengetahuan tentang pengaruh internet
terhadap minat belajar.
b.
Menambah
wawasan untuk menggunakan internet dengan sebaik-baiknya.
c.
Menambah
wawasan tentang dampak positif dan negative internet.
2.
Bagi
Sekolah
a.
Untuk
mengetahui tingkat kualitas pelajar
dalam melakukan sebuah penelitian karya ilmiah.
b.
Agar
dapat memanfaatkan internet sebagai media pembelajaran secara maksimal.
3.
Bagi
Masyarakat
a.
Masyarakat
mendapatkan pengetahuan tentang dampak internet.
b.
Masyarakat
mengetahui cara menanggulangi dampak negatif internet.
BAB
II
DESKRIPSI
TEORI DAN KERANGKA BERPIKIR
2.1 Deskripsi Teori
1. Hakikat Minat Belajar
a.
Hakikat Minat
Minat
adalah kesukaan, kecenderungan hati, perhatian, keinginan terhadap sesuatu.
Minat dapat diartikan sebagai salah satu aspek psikis manusia yang dapat
mendorong untuk mencapai tujuan. Seseorang yang memiliki minat terhadap sesuatu
objek, cenderung untuk memberikan perhatian atau merasa senang yang lebih besar
terhadap objek tersebut. Namun, apabila objek tersebut tidak menimbulkan rasa
senang maka ia tidak akan memiliki minat pada objek tersebut.
Menurut
seorang ahli Crowd berpendapat bahwa minat, erat hubungannya dengan daya gerak
yang mendorong seseorang untuk mengahadapi atau berurusan dengan orang lain,
benda atau bisa juga sebagai pengalaman efektif yang dipengaruhi oleh kegiatan
itu sendiri. Dengan kata lain minat dapat menjadi sebab kegiatan dan sebab berpatisipasi
dalam kegiatan itu.
b. Hakikat
Belajar
Belajar
adalah berusaha, berlatih supaya mendapatkan sesuatu kepandaian. Belajar
menurut seorang ahli Moh. Surya (1981: 32) adalah sesuatu proses usaha yang
dilakukan individu untuk memperoleh sesuatu perubahan tingkah laku yang baru
keseluruhan, sebagai hasil pengalaman individu itu sendiri dalam interaksi
dengan lingkungan.
c. Hakikat
Minat Belajar
Minat
belajar merupakan aspek psikis manusia yang menjadi faktor pendorong
dalam kegiatan belajar. Seseorang yang memiliki minat belajar cenderung untuk
memberikan perhatian dan pemusatan pikiran terhadap sesuatu kegiatan belajar
yang ia sukai. Kegiatan yang dilakukan juga dapat memberikan stimulasi dan
perubahan pada pola tingkah laku dalam kegiatan belajar yang dilakukan untuk
mencapai tujuan. Hal ini dilihat dari adanya semangat, perhatian, ketekunan,
pengorbanan, serta kerja keras dalam mencapai sesuatu yang diinginkan.
2.
Hakikat Internet
Internet
(Interconnected-network) dapat diartikan jaringan komputer terluas yang
menghubungkan pemakai komputer satu dengan komputer lainnya dan dapat
berhubungan dengan komputer dari satu negara ke negara di seluruh dunia, dimana
didalamnya terdapat berbagai aneka ragam informasi, fasilitas layanan internet
browsing atau surfing yaitu kegiatan “berselancar di internet”.
Kegiatan
ini dapat dianalogikan layaknya berjalan-jalan di mall sambil melihat-lihat ke
toko tanpa harus membeli apapun. Elektronik mail (E-mail) fasilitas ini
digunakan dalam berkirim surat dengan orang lain tanpa mengenal batas ruang dan
waktu, bahkan birokrasi searcing yaitu kegiatan mencari data atau informasi
tertentu di internet. Chating, fasilitas ini digunakan untuk berkomunikasi
secara langsung dengan orang lain di internet. Pada umumnya fasilitas ini di
gunakan untuk bercakap-cakap atau ngobrol di internet dengan WWW (World Wide Web)
ini dapat nengambil, memformat dan menampilkan hypertext links mailing list,
fasilitas ini digunakan untuk berdiskusi secara elektronik dengan menggunakan
internet.
2.2 Kerangka Berpikir
Internet
merupakan suatu sistem global masa kini yang digunakan sebagai alat komunikasi
dan sebagai tempat mencari berbagai informasi yang dibutuhkan. Internet adalah
sistem global dari seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan
standard Internet Protocol Suite untuk melayani milyaran pengguna di seluruh
pengguna di dunia. Dilihat dari segi ilmu pengetahuan, internet merupakan
sebuah perpustakaan besar yang didalamnya terdapat milyaran informasi berupa
teks, grafik, audio, video, maupun animasi dan lain-lain. dalam bentuk media
elektronik, internet banyak memiliki pengaruh positif maupun negatif. Internet
sangat berguna sebagai penunjang kualitas belajar siswa. Namun, banyak siswa
yang menyalahgunakan kemudahan internet sehingga dapat menurunkan kualitas
belajar siswa dan minat belajar siswa.
Minat
Belajar adalah aspek psikis manusia berupa keinginan dan pemusatan pikiran dalam
suatu proses penambahan pengetahuan dan kebiasaan yang didapat dari pengalaman
individu, juga sebagai stimulasi dalam perubahan pola tingkah laku seseorang
dalam kegiatan belajar yang dilakukan untuk mencapai tujuan yang diharapkan.
Dari
uraian di atas, internet merupakan sebuah alat yang dapat menunjang proses
pembelajaran dan juga dapat mempermudah siswa dalam pengerjaan tugas-tugas dari
sekolah. Namun, pengaruh negatif internet berdampak pada minat belajar siswa,
tidak sedikit siswa lebih memilih bermain internet dengan situs-situs jejaring
sosial dan game online daripada belajar atau mengerjakan tugas-tugas dari
sekolah. Internet memang banyak manfaatnya banyak menambah wawasan dan
pengetahuan bagi siswa. Namun, kenyataanya ada sebagian siswa yang tidak
memanfaatkan internet untuk memudahkan proses pembelajarannya, padahal minat
belajar siswa sangat berpengaruh dalam keberhasilan proses pembelajaran.
BAB
III
METODE
PENELITIAN
3.1
Tujuan Penelitian
Penelitian
ini bertujuan untuk :
1. Mengetahui
perkembangan internet di Indonesia.
2. Mengetahui
manfaat dari adanya internet.
3. Mengetahui
dampak positif dan negatif dari penggunaan internet di kalangan siswa.
4. Mengetahui
pengaruh internet terhadap minat belajar siswa.
5. Menginformasikan
bagaimana cara menanggilangi dampak negatif dari penggunaan internet terhadap
minat belajar siswa.
3.2
Waktu dan Tempat Penelitian
Penelitian
ini dilaksanakan pada bulan Januari 2012. Tempat penelitian dibatasi di lingkungan
sekolah.
3.3
Metode Penelitian
Berdasarkan
masalah yang diteliti yaitu “ Pengaruh Internet terhadap Minat Belajar Siswa”
maka dalam karya tulis ini digunakan metodologi kuantitatif dengan studi
pendekatan. Secara teoritis, metodologi kuantitatif ini dapat memenuhi syarat,
dimana suatu teori harus dapat dibuktikan secara empiris, sehingga kebenaranya
dapat dipertanggung jawabkan secara ilmiah.
3.4
Populasi Penelitian
Pada
penelitian ini dipopulasikan pada teknologi internet di kalangan siswa.
3.5
Sampel
Penelitian
Sampel
pada penelitian ini adalah kondisi minat belajar siswa di sekolah dengan adanya
internet.
3.6
Instrumen
Penelitian
Instrumen
penelitian dalam penelitian ini adalah :
1.
Para penulis yang mengumpulkan data dan menyusunnya menjadi sebuah karya
tulis.
2.
Sebuah komputer portabel (laptop) dan komputer sebagai media pencarian data dan
sumber informasi di internet serta sebagai alat pengetikkan.
3.
Flashdisk sebagai media penyimpanan data.
4.
Printer sebagai media pencetak data.
3.7
Teknik Pengumpulan Data
Pengumpulan
data dalam penelitian ini dilakukan dengan penyebaran angket, mengumpulkan data
dari berbagai informasi yang didapat melalui media internet dan yang
bersangkutan dengan tema dapat dijadikan sebagai sumber.
3.8
Teknik
Analisis Data
Teknik
dalam penelitian ini adalah tentang pengaruh internet terhadap minat belajar
siswa. Langkah untuk menganalisisnya adalah :
1.
Mendeskripsikan data.
2.
Menganilisis data dari sumber yang dapat dijadikan acuan pembahasan.
3.
Membahas hasil penelitian untuk dijadikan acuan kesimpulan dan,
4.
Mengklasifikasikan berdasarkan kriteria analisis.
BAB
IV
PEMBAHASAN
4.1
Hasil Penelitian
Pada penelitian ini penulis menyebarkan 20 angket
yang diisi oleh para siswa. Berikut hasil dari angket yang kami peroleh:
1. Anda
menyukai internet ?
Selalu
|
Sering
|
Kadang-kadang
|
Tidak pernah
|
10%
|
60%
|
30%
|
0%
|
2. Anda
mengerjakan tugas dengan internet?
Selalu
|
Sering
|
Kadang-kadang
|
Tidak
pernah
|
20%
|
35%
|
45%
|
0%
|
3. Internet
anda gunakan hanya untuk bermain game online?
Selalu
|
Sering
|
Kadang-kadang
|
Tidak pernah
|
0%
|
10%
|
45%
|
45%
|
4. Anda
tidak berminat belajar ketika menggunakan internet?
Selalu
|
Sering
|
Kadang-kadang
|
Tidak pernah
|
10%
|
0%
|
65%
|
25%
|
5. Sejak
menggunakan internet, apakah anda semakin berminat untuk belajar?
Iya
|
Biasa saja
|
Tidak
|
5%
|
90%
|
5%
|
6. Apa
alasan anda tidak berminat belajar karena internet?
Karena
internet menyenangkan, sehinnga minat belajar hilang.
|
15%
|
Karena
internet mempunyai banyak informasi yang menarik. Namun, tidak berhubungan
dengan pelajaran, sehingga minat belajar hilang.
|
20%
|
Lain-lain
|
65%
|
7. Pelajaran
apa yang membuat anda berminat belajar saat menggunakan internet?
Bahasa Inggris
|
20%
|
Sejarah
|
20%
|
Lain-lain
|
60%
|
8. Apakah
anda membuat forum pertemanan untuk menambah minat belajar?
Tentu saja
|
5%
|
Kadang-kadang
|
60%
|
Tidak sama sekali
|
35%
|
9. Apakah
minat belajar anda didasari keinginan anda, tidak dipengaruhi ada tidaknya
internet?
Iya
|
75%
|
Tidak tahu
|
15%
|
Tidak
|
10%
|
4.2 Analisis
Hasil Penelitian
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan oleh
penulis dengan cara penyebaran angket, didapatkan hasil 10% siswa selalu
menggunakan internet, 60% siswa sering menggunakan internet dan 30% siswa
kadang-kadang menggunakan internet. Pada soal nomor 2 didapatkan hasil 20%
siswa selalu mengerjakan tugas menggunakan internet, 35% siswa sering mengerjakan
tugas menggunakan internet, dan 45% siswa tidak terlalu sering mengerjakan
tugas menggunakan internet. Pada soal nomor 4 didapatkan hasil 10% siswa sering
menggunakan internet untuk bermain game online, 45% kadang-kadang, dan 45%
tidak pernah menggunakan internet untuk bermain game online. Dari hasil
penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan penggunaan internet dikalangan
siswa sudah menjadi kebiasaan namun ada beberapa siswa yang masih bisa
membatasi dan menggunakan teknologi internet secara bijaksana.
Hasil yang diperoleh pada soal nomor 4 yaitu 10%
siswa selalu mengalami penurunan minat belajar ketika menggunakan internet, 65%
siswa kadang-kadang mengalami penurunan minat belajar saat menggunakan internet
dan 25% siswa tidak penah mengalami penurunan minat belajar saat menggunakan
internet. Pada soal nomor 5 didapatkan hasil 5% siswa mengalami peningkatan
minat belajar sejak menggunakan internet, 90% siswa biasa saja atau tidak ada
perubahan peningkatan minat belajar yang signifikan sejak menggunakan internet
dan 5% siswa tidak sama sekali mengalami peningkatan minat belajar sejak
menggunakan internet. pada soal nomor 6 didapatkan hasil 15% siswa tidak
berminat belajar dikarenakan internet menyenangkan sehingga minat belajar
hilang, 20% siswa tidak berminat belajar dikarenakan internet mempunyai banyak
informasi yang menarik namun tidak berhubungan dengan pelajaran sehingga minat
belajar hilang dan 65% siswa mempunyai faktor lain yang membuat mereka tidak
berminat untuk belajar. Dari hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan
sebagian besar siswa tidak berminat untuk belajar ketika menggunakan internet
dikarenakan oleh beberapa faktor penyebab.
Pada soal nomor 7 didapatkan hasil 20% siswa memilih
pelajaran bahasa inggris yang membuat mereka berminat belajar saat menggunakan
internet, 20% siswa memilih pelajaran sejarah dan 60% siswa memilih mata
pelajaran lain yang membuat mereka berminat untuk belajar saat menggunakan
internet. Pada soal nomor 8 didapatkan hasil 5% siswa sering membuka forum
pertemanan untuk menambah minat belajar, 60% siswa kadang-kadang membuka forum
pertemanan untuk menambah minat belajar, dan 35% siswa tidak pernah sama sekali
membuka forum pertemanan untuk menambah minat belajar. Pada soal nomor 9
didapatkan hasil 75% siswa belajar didasari dari mood atau keinginan bukan dari
ada atau tidaknya internet, 15% siswa menjawab tidak tahu dan 10% siswa
menjawab tidak. Dari hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa ada beberapa
mata pelajaran yang membuat siswa berminat untuk belajar saat menggunakan
internet, ada juga siswa yang membuka forum pertemanan untuk menambah minat
belajar dan sebagian besar siswa berminat untuk belajar karena didasari oleh
mood atau keinginan dalam diri sendiri bukan karena ada atau tidaknya internet.
a.
Apakah
manfaat dan dampak penggunaan internet terhadap minat belajar siswa?
Internet merupakan teknologi yang
menyediakan berbagai informasi dan data yang kita butuhkan. Internet merupakan
jaringan internasional yang dapat menghubungkan komputer yang ada di dunia.
Tetntuknya setiap teknologi memiliki kekurangan dan kelebihan begitu juga
dengan internet. Tidak semua informasi yang ada di internet menyajikan
informasi yang positif tapi juga terdapat informasi yang bersifat negatif.
Manfaat yang dapat diperoleh dari penggunaan internet. Diantaranya :
Ø
Internet
sebagai media komunikasi merupakan fungsi yang paling banyak digunakan dimana
setiap pengguna internet dapat berkomunikasi dengan pengguna lainnya diseluruh
dunia.
Ø
Internet
sebagai media pertukaran data dengan menggunakan e-mail, news group dan WWW (World
Wide Web ) para pengguna internet diseluruh dunia dapat saling bertukar
informasi dengan cepat dan murah. Dengan seperti itu, siswa disuatu negara
dengan negara lainnya dapat saling bertukar informasi dan data untuk kemajuan
pendidikan.
Ø
Internet
sebagai media untuk mencari data atau informasi yang penting dan akurat. Hal
ini bisa membuat siswa memiliki pengetahuan yang luas dalam cangkupan dunia
sehingga segala ilmu yang ada diseluruh dunia bisa dipelajari yang pada
akhirnya meningkatkan kecerdasan dan pengetahuan yang luas dikalangan siswa.
Dampak negatif yang diperoleh dari penggunaan
internet diantaranya:
Dengan adanya internet ini cenderung
siswa karena merasa mudah membuat siswa menjadi malas untuk membaca buku.
Menghabiskan sebagian waktunya untuk
membuka jejaring sosial dan game online sehingga kita banyak mengluarkan uang
yang mungkin kurang bermanfaat.
Karena internet besifat bebas dan mudah
diakses pornografi pun merajalela. Hal ini berdampak buruk bagi perkembangan
prestasi dan mental siswa.
Menyebabkan fungsi mata terganggu oleh
radiasi dari monitor. Sering terjadi nyeri pada bagian punggung karena saraf
dipunggungnya terganggu akibat terlalu lama didepan komputer atau posisi duduk
yang kurang nyaman.
Berdampak juga pada kesehatan manusia
diantaranya mengubah alur kerja game, menghambat respon sistem imun, tingkat
hormon, fungsi arteri dan mempengaruhi kondisi mental yang akhirnya hal
tersebut berpotensi meningkatkan resiko gangguan kesehatan seperti kanker,
stroke, penyakit jantung dan lain-lain.
Seorang yang menghabiskan waktunya di depan
komputer akan jarang berolahraga sehingga kecanduan aktivitas ini dapat
menimbulkan fisik yang lemah bahkan obesitas.
Selain dampak diatas kita juga sering
mengenal dengan kata kecanduan internet yang berdampak pada prestasi dan minat
belajar siswa.
b.
Bagaimana
cara menanggulangi dampak negatif penggunaan internet terhadap minat belajar
siswa ?
Berikut cara agar siswa tetap menggunakan internet
namun tidak mengganggu prestasi dan minat belajar :
{
Pandai-pandai
membagi waktu.
{
Tidak
terlalu banyak online menggunakan internet tetapi menggunakan handphone yang
lebih praktis.
{
Hanya
memakai game online dan jejaring sosial pada waktu senggang.
{
Mengurangi
aktifitas menggunakan internet, lalu waktunya digunakan untuk belajar.
{
Membatasi
pemakainan internet.
c.
Bagaimana
cara meningkatkan minat belajar ?
Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan
minat belajar siswa diantaranya:
U
Menghubungkan
bahan pelajaran yang akan diajarkan dengan siswa maka minat belajar akan tumbuh
manakala ia dapat menangkap bahwa materi pelajaran itu berguna untuk kehidupan
sehari-hari.
U
Menyesuaikan
materi pelajaran dengan tingkatan pengalaman dan kemampuan siswa. Materi
pelajaran yang terlalu sulit untuk dipelajari atau materi pelajaran yang jauh
dari pengalaman siswa tidak akan diminati siswa. Materi pelajaran yang terlalu
sulit tidak akan dapat diikuti dengan baik, yang dapat menimbulkan siswa akan
gagal mencapai hasil yang optimal. Dan kegagalan itu dapat membunuh minat
belajar siswa. Biasanya minat belajar akan tumbuh jika siswa mendapatkan
kesuksesan dalam belajar.
U
Belajar
dengan menggunakan berbagai model dan strategi pembelajaran secara bervariasi,
misalnya: diskusi, kerja kelompok, eksperimen, demonstrasi, dan lain-lain.
U
Sisa
menyadari sendiri akan pentingnya belajar dan berusaha menaikkan minat belajar
masing-masing sendiri. Karena jika guru sudah mengusahakan berbagai macam cara
untuk meningkatkan minat belajar siswa, tidak akan ada gunanya jika siswa itu
sendiri sama sekali tidak peduli dengan minat belajar mereka.
BAB V
PENUTUP
5.1 Kesimpulan
Kesimpulan yang dapat kami peroleh dari
hasil penelitian yang telah dilakukan adalah:
1.
Minat
belajar dapat dipengaruhi oleh berbagai hal salah satunya oleh teknologi
internet.
2.
Meskipun
minat belajar dapat dipengaruhi, jika seseorang siswa memiliki kesadaran untuk
menjaga minat belajar hal yang menjadi pengaruh tersebut tidak akan terlalu
mempengaruhi minat belajar siswa.
5.2 Saran
Saran dari penulis untuk para pembaca
adalah :
1.
Sebaiknya
hanya menggunakan jejaring sosial atau game online disaat memiliki waktu yang
luang agar minat belajar, proses belajar dan prestasi belajar tidak terganggu.
2.
Berusahalah
untuk menambah minat belajar dengan cara yang dianggap menyenangkan, karena
cara belajar setiap siswa berbeda-beda.
3.
Memanfaatkan
internet untuk kepentingan yang positif.
DAFTAR PUSTAKA
Terima kasih sudah mau berbagi penelitiannya sangat membantu
BalasHapusTerima kasih
BalasHapus