Minggu, 17 Februari 2013

Karya Tulis Ilmiah (KTI) Pengaruh Internet Terhadap Minat Belajar Siswa

Buat agan2 yang cari referensi tentang pengaruh internet terhadap minat belajar, nih saya posting buat referensi, sekalian saya juga dapet tugas buat KTI. Buat lembar pengesahan gak saya cantumin gan soalnya gak perlu, hehehe

KATA PENGANTAR

Assalamualaikum Wr. Wb
            Pertama-tama kami ingin mengucapkan puji dan syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang senantiasa melimpahkan rahmat-Nya kepada kami, sehingga dapat menyelesaikan susunan karya tulis yang berjudul “Pengaruh Internet Terhadap Minat Belajar Siswa”.
            Kami mengucapakan banyak terimakasih kepada Bapak Wahyuaji, S.Pd. sebagai guru Bahasa Indonesia yang telah banyak membantu dalam proses pembuatan karya tulis ini. Kami juga mengucapkan terimakasih kepada orangtua kami, teman-teman yang membantu pengerjaan karya tulis ilmiah ini, dan semua pihak yang telah membantu dalam pembuatan karya tulis ini.
            Karya tulis ini dibuat untuk memenuhi tugas Bahasa Indonesia. Namun, kami harap karya yang tidak seberapa ini dapat membantu untuk menjadi inspirasi bagi pembuat karya tulis selanjutnya.
            Sebagai penulis, kami menyadari bahwa masih banyak kesalahan yang membuat karya tulis ini kurang sempurna. Oleh karena itu, kami mengaharapkan banyak kritik dan saran supaya pada kesempatan berikutnya, kami dapat mengahsilkan karya tulis yang lebih baik lagi.
            Wassalamualaikum Wr. Wb

Sidoarjo, 13 Desember 2012  


                            Penulis                           





DAFTAR ISI

Halaman Pengesahan..................................................................................................i
Kata Pengantar..........................................................................................................ii
Daftar Isi...................................................................................................................iii
BAB I PENDAHULUAN
1.1   Latar belakang.....................................................................................................1
1.2   Rumusan masalah................................................................................................2
1.3   Tujuan penulisan.................................................................................................2
1.4   Manfaat penulisan...............................................................................................3
BAB II DESKRIPSI TEORI DAN KERANGKA BERPIKIR
2.1 Deskripsi Teori…………………………………………………………………4
2.2   Kerangka Berpikir……………………………………………………………...6
BAB III METODE PENELITIAN
3.1   Tujuan Penelitian………………………………………………………………7
3.2   Waktu dan Tempat Penelitian………………………………………………….7
3.3   Metode Penelitian………………………………………………………………7
3.4   Populasi Penelitian……………………………………………………………..7
3.5   Sampel Penelitian………………………………………………………………8
3.6   Instrumen Penelitian……………………………………………………………8
3.7   Teknik Pengumpulan Data……………………………………………………..8
3.8   Teknik Analisis Data…………………………………………………………...8
BAB IV PEMBAHASAN
4.1 Hasil Penelitian…………………………………………………………………9
4.2   Analisis Hasil Penelitian……………………………………………………...11
BAB V PENUTUP
5.1   Kesimpulan…………………………………………………………………...16
5.2   Saran…………………………………………………………………………..16
DAFTAR PUSTAKA……………………………………………………………..17



BAB 1
PENDAHULUAN
1.1   Latar Belakang
Internet merupakan teknologi masa kini yang mempunyai peran sangat penting di masa era globalisasi saat ini. Internet diibaratkan sebagai perpustakaan dunia, yang bisa kita akses dengan mudah  dan dapat memenuhi segala kebutuhan yang kita perlukaan. Internet mempunyai jaringan data yang mendunia, seseorang bias mengakses dengan bebas di dalam internet sesuai dengan kehendaknya.
Bahkan sedikit orang yang mengatakan bahwa internet merupakan dunia baru yang di dalamnya meliputi beberapa aspek, dari mulai ekonomi, politik, pendidikan, pengetahuan tentang alam, jaringan sosial, game online dan lain-lain. Khususnya di dunia pendidikan, internet memberikan kontribusi yang cukup besar, dengan kemudahan mengakses data-data, dapat memudahkan proses belajar mengajar. Sejumlah penelitian membuktikan bahwa dalam penggunaan internet pada pembelajaran menjadi suplemen yang bermanfaat dan memiliki pengaruh-pengaruh yang positif terhadap penyelesaian tugas-tugas siswa.
Namun, internet juga memliki dampak negatif, berdasarkan fakta yang terjadi saat ini keberadaan internet banyak juga menimbulkan masalah-masalah, terutama dalam dunia pendidikan. Kecanggihan internet yang dapat menembus ruang dan waktu menyebabkan beberapa siswa dan pelajar-pelajar lainnya terbawa oleh arus teknologi internet. Bahkan sebagian dari mereka banyak menghabiskan waktunya hanya untuk bermain game online atau situs-situs jejaring sosial.
                                                                                      
Berdasarkan uraian diatas, pada kesempatan ini penulis ingin menjabarkan tentang “Pengaruh Internet terhadap Minat Belajar Siswa“. Hal ini didasarkan dengan banyaknya penggunaan internet dikalangan siswa pada umumnya.

1.2   Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang yang telah disampaikan maka penulis memunculkan beberapa masalah untuk diteliti. Diantaranya sebagai berikut :
1.     Bagaimana perkembangan internet di Indonesia?
2.     Apakan manfaat dan dampak penggunaan internet terhadap minat belajar siswa?
3.     Apakah pengaruh internet terhadap minat belajar siswa?
4.     Bagaimana permasalahan internet terhadap dunia pendidikan?
5.     Bagaimana cara penanggulangan dampak negatif penggunaan internet terhadap minat belajar siswa?
6.     Bagaimana cara meningkatkan minat belajar siswa?

1.3   Tujuan Penulisan
Tujuan dari karya tulis ini adalah:
1.     Dapat menjadi motivasi untuk mengembangkan sikap positif, pengetahuan dan wawasan bagi pembacanya.
2.     Agar siswa mengetahui tentang dampak positif dan negatif dari penggunaan internet.
3.     Supaya mengetahui pengaruh internet terhadap minat belajar.
4.     Sebagai pengetahuan tambahan bagi siswa tentang perkembangan internet di Indonesia

1.4   Manfaat Penulisan
Manfaat dari penelitian tentang pengaruh internet antara lain :
1.     Bagi Pelajar
a.     Memperoleh pengetahuan tentang  pengaruh internet terhadap minat belajar.
b.     Menambah wawasan untuk menggunakan internet dengan sebaik-baiknya.
c.      Menambah wawasan tentang dampak positif dan negative internet.
2.     Bagi Sekolah
a.     Untuk mengetahui tingkat kualitas  pelajar dalam melakukan sebuah penelitian karya ilmiah.
b.     Agar dapat memanfaatkan internet sebagai media pembelajaran secara maksimal.
3.     Bagi Masyarakat
a.     Masyarakat mendapatkan pengetahuan tentang dampak internet.
b.     Masyarakat mengetahui cara menanggulangi dampak negatif internet.






BAB II
DESKRIPSI TEORI DAN KERANGKA BERPIKIR

2.1 Deskripsi Teori
1. Hakikat Minat Belajar
a. Hakikat Minat
Minat adalah kesukaan, kecenderungan hati, perhatian, keinginan terhadap sesuatu. Minat dapat diartikan sebagai salah satu aspek psikis manusia yang dapat mendorong untuk mencapai tujuan. Seseorang yang memiliki minat terhadap sesuatu objek, cenderung untuk memberikan perhatian atau merasa senang yang lebih besar terhadap objek tersebut. Namun, apabila objek tersebut tidak menimbulkan rasa senang maka ia tidak akan memiliki minat pada objek tersebut.
Menurut seorang ahli Crowd berpendapat bahwa minat, erat hubungannya dengan daya gerak yang mendorong seseorang untuk mengahadapi atau berurusan dengan orang lain, benda atau bisa juga sebagai pengalaman efektif yang dipengaruhi oleh kegiatan itu sendiri. Dengan kata lain minat dapat menjadi sebab kegiatan dan sebab berpatisipasi dalam kegiatan itu.
b.     Hakikat Belajar
Belajar adalah berusaha, berlatih supaya mendapatkan sesuatu kepandaian. Belajar menurut seorang ahli Moh. Surya (1981: 32) adalah sesuatu proses usaha yang dilakukan individu untuk memperoleh sesuatu perubahan tingkah laku yang baru keseluruhan, sebagai hasil pengalaman individu itu sendiri dalam interaksi dengan lingkungan.



c.      Hakikat Minat Belajar
Minat belajar merupakan aspek psikis manusia  yang menjadi faktor pendorong dalam kegiatan belajar. Seseorang yang memiliki minat belajar cenderung untuk memberikan perhatian dan pemusatan pikiran terhadap sesuatu kegiatan belajar yang ia sukai. Kegiatan yang dilakukan juga dapat memberikan stimulasi dan perubahan pada pola tingkah laku dalam kegiatan belajar yang dilakukan untuk mencapai tujuan. Hal ini dilihat dari adanya semangat, perhatian, ketekunan, pengorbanan, serta kerja keras dalam mencapai sesuatu yang diinginkan.
2. Hakikat Internet
Internet (Interconnected-network) dapat diartikan jaringan komputer terluas yang menghubungkan pemakai komputer satu dengan komputer lainnya dan dapat berhubungan dengan komputer dari satu negara ke negara di seluruh dunia, dimana didalamnya terdapat berbagai aneka ragam informasi, fasilitas layanan internet browsing atau surfing yaitu kegiatan “berselancar di internet”.
Kegiatan ini dapat dianalogikan layaknya berjalan-jalan di mall sambil melihat-lihat ke toko tanpa harus membeli apapun. Elektronik mail (E-mail) fasilitas ini digunakan dalam berkirim surat dengan orang lain tanpa mengenal batas ruang dan waktu, bahkan birokrasi searcing yaitu kegiatan mencari data atau informasi tertentu di internet. Chating, fasilitas ini digunakan untuk berkomunikasi secara langsung dengan orang lain di internet. Pada umumnya fasilitas ini di gunakan untuk bercakap-cakap atau ngobrol di internet dengan WWW (World Wide Web) ini dapat nengambil, memformat dan menampilkan hypertext links mailing list, fasilitas ini digunakan untuk berdiskusi secara elektronik dengan menggunakan internet.




2.2 Kerangka Berpikir
Internet merupakan suatu sistem global masa kini yang digunakan sebagai alat komunikasi dan sebagai tempat mencari berbagai informasi yang dibutuhkan. Internet adalah sistem global dari seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standard Internet Protocol Suite untuk melayani milyaran pengguna di seluruh pengguna di dunia. Dilihat dari segi ilmu pengetahuan, internet merupakan sebuah perpustakaan besar yang didalamnya terdapat milyaran informasi berupa teks, grafik, audio, video, maupun animasi dan lain-lain. dalam bentuk media elektronik, internet banyak memiliki pengaruh positif maupun negatif. Internet sangat berguna sebagai penunjang kualitas belajar siswa. Namun, banyak siswa yang menyalahgunakan kemudahan internet sehingga dapat menurunkan kualitas belajar siswa dan minat belajar siswa.
Minat Belajar adalah aspek psikis manusia berupa keinginan dan pemusatan pikiran dalam suatu proses penambahan pengetahuan dan kebiasaan yang didapat dari pengalaman individu, juga sebagai stimulasi dalam perubahan pola tingkah laku seseorang dalam kegiatan belajar yang dilakukan untuk mencapai tujuan yang diharapkan.
            Dari uraian di atas, internet merupakan sebuah alat yang dapat menunjang proses pembelajaran dan juga dapat mempermudah siswa dalam pengerjaan tugas-tugas dari sekolah. Namun, pengaruh negatif internet berdampak pada minat belajar siswa, tidak sedikit siswa lebih memilih bermain internet dengan situs-situs jejaring sosial dan game online daripada belajar atau mengerjakan tugas-tugas dari sekolah. Internet memang banyak manfaatnya banyak menambah wawasan dan pengetahuan bagi siswa. Namun, kenyataanya ada sebagian siswa yang tidak memanfaatkan internet untuk memudahkan proses pembelajarannya, padahal minat belajar siswa sangat berpengaruh dalam keberhasilan proses pembelajaran.



BAB III
METODE PENELITIAN
3.1           Tujuan Penelitian
Penelitian ini bertujuan untuk :
1.     Mengetahui perkembangan internet di Indonesia.
2.     Mengetahui manfaat dari adanya internet.
3.     Mengetahui dampak positif dan negatif dari penggunaan internet di kalangan siswa.
4.     Mengetahui pengaruh internet terhadap minat belajar siswa.
5.     Menginformasikan bagaimana cara menanggilangi dampak negatif dari penggunaan internet terhadap minat belajar siswa.


3.2            Waktu dan Tempat Penelitian
Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari 2012. Tempat penelitian dibatasi di lingkungan sekolah.
3.3            Metode Penelitian
Berdasarkan masalah yang diteliti yaitu “ Pengaruh Internet terhadap Minat Belajar Siswa” maka dalam karya tulis ini digunakan metodologi kuantitatif dengan studi pendekatan. Secara teoritis, metodologi kuantitatif ini dapat memenuhi syarat, dimana suatu teori harus dapat dibuktikan secara empiris, sehingga kebenaranya dapat dipertanggung jawabkan secara ilmiah.

3.4            Populasi Penelitian
Pada penelitian ini dipopulasikan pada teknologi internet di kalangan siswa.

3.5            Sampel Penelitian
Sampel pada penelitian ini adalah kondisi minat belajar siswa di sekolah dengan adanya internet.
3.6            Instrumen Penelitian
Instrumen penelitian dalam penelitian ini adalah :
1. Para penulis yang mengumpulkan data dan menyusunnya menjadi sebuah karya tulis.
2. Sebuah komputer portabel (laptop) dan komputer sebagai media pencarian data dan sumber informasi di internet serta sebagai alat pengetikkan.
3. Flashdisk sebagai media penyimpanan data.
4. Printer sebagai media pencetak data.
3.7            Teknik Pengumpulan Data
Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan penyebaran angket, mengumpulkan data dari berbagai informasi yang didapat melalui media internet dan yang bersangkutan dengan tema dapat dijadikan sebagai sumber.
3.8            Teknik Analisis Data
Teknik dalam penelitian ini adalah tentang pengaruh internet terhadap minat belajar siswa. Langkah untuk menganalisisnya adalah :
1. Mendeskripsikan data.
2. Menganilisis data dari sumber yang dapat dijadikan acuan pembahasan.
3. Membahas hasil penelitian untuk dijadikan acuan kesimpulan dan,
4. Mengklasifikasikan berdasarkan kriteria analisis.



BAB IV
PEMBAHASAN
4.1     Hasil Penelitian
Pada penelitian ini penulis menyebarkan 20 angket yang diisi oleh para siswa. Berikut hasil dari angket yang kami peroleh:
1.     Anda menyukai internet ?
Selalu
Sering
Kadang-kadang
Tidak pernah
10%
60%
30%
0%

2.     Anda mengerjakan tugas dengan internet?
Selalu
Sering
Kadang-kadang
Tidak pernah
20%
35%
45%
0%

3.     Internet anda gunakan hanya untuk bermain game online?
Selalu
Sering
Kadang-kadang
Tidak pernah
0%
10%
45%
45%

4.     Anda tidak berminat belajar ketika menggunakan internet?
Selalu
Sering
Kadang-kadang
Tidak pernah
10%
0%
65%
25%



5.     Sejak menggunakan internet, apakah anda semakin berminat untuk belajar?
Iya
Biasa saja
Tidak
5%
90%
5%

6.     Apa alasan anda tidak berminat belajar karena internet?
Karena internet menyenangkan, sehinnga minat belajar hilang.
15%
Karena internet mempunyai banyak informasi yang menarik. Namun, tidak berhubungan dengan pelajaran, sehingga minat belajar hilang.
20%
Lain-lain
65%

7.     Pelajaran apa yang membuat anda berminat belajar saat menggunakan internet?
Bahasa Inggris
20%
Sejarah
20%
Lain-lain
60%



8.     Apakah anda membuat forum pertemanan untuk menambah minat belajar?
Tentu saja
5%
Kadang-kadang
60%
Tidak sama sekali
35%


9.     Apakah minat belajar anda didasari keinginan anda, tidak dipengaruhi ada tidaknya internet?
Iya
75%
Tidak tahu
15%
Tidak
10%

4.2     Analisis Hasil Penelitian
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan oleh penulis dengan cara penyebaran angket, didapatkan hasil 10% siswa selalu menggunakan internet, 60% siswa sering menggunakan internet dan 30% siswa kadang-kadang menggunakan internet. Pada soal nomor 2 didapatkan hasil 20% siswa selalu mengerjakan tugas menggunakan internet, 35% siswa sering mengerjakan tugas menggunakan internet, dan 45% siswa tidak terlalu sering mengerjakan tugas menggunakan internet. Pada soal nomor 4 didapatkan hasil 10% siswa sering menggunakan internet untuk bermain game online, 45% kadang-kadang, dan 45% tidak pernah menggunakan internet untuk bermain game online. Dari hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan penggunaan internet dikalangan siswa sudah menjadi kebiasaan namun ada beberapa siswa yang masih bisa membatasi dan menggunakan teknologi internet secara bijaksana.
Hasil yang diperoleh pada soal nomor 4 yaitu 10% siswa selalu mengalami penurunan minat belajar ketika menggunakan internet, 65% siswa kadang-kadang mengalami penurunan minat belajar saat menggunakan internet dan 25% siswa tidak penah mengalami penurunan minat belajar saat menggunakan internet. Pada soal nomor 5 didapatkan hasil 5% siswa mengalami peningkatan minat belajar sejak menggunakan internet, 90% siswa biasa saja atau tidak ada perubahan peningkatan minat belajar yang signifikan sejak menggunakan internet dan 5% siswa tidak sama sekali mengalami peningkatan minat belajar sejak menggunakan internet. pada soal nomor 6 didapatkan hasil 15% siswa tidak berminat belajar dikarenakan internet menyenangkan sehingga minat belajar hilang, 20% siswa tidak berminat belajar dikarenakan internet mempunyai banyak informasi yang menarik namun tidak berhubungan dengan pelajaran sehingga minat belajar hilang dan 65% siswa mempunyai faktor lain yang membuat mereka tidak berminat untuk belajar. Dari hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan sebagian besar siswa tidak berminat untuk belajar ketika menggunakan internet dikarenakan oleh beberapa faktor penyebab.
Pada soal nomor 7 didapatkan hasil 20% siswa memilih pelajaran bahasa inggris yang membuat mereka berminat belajar saat menggunakan internet, 20% siswa memilih pelajaran sejarah dan 60% siswa memilih mata pelajaran lain yang membuat mereka berminat untuk belajar saat menggunakan internet. Pada soal nomor 8 didapatkan hasil 5% siswa sering membuka forum pertemanan untuk menambah minat belajar, 60% siswa kadang-kadang membuka forum pertemanan untuk menambah minat belajar, dan 35% siswa tidak pernah sama sekali membuka forum pertemanan untuk menambah minat belajar. Pada soal nomor 9 didapatkan hasil 75% siswa belajar didasari dari mood atau keinginan bukan dari ada atau tidaknya internet, 15% siswa menjawab tidak tahu dan 10% siswa menjawab tidak. Dari hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa ada beberapa mata pelajaran yang membuat siswa berminat untuk belajar saat menggunakan internet, ada juga siswa yang membuka forum pertemanan untuk menambah minat belajar dan sebagian besar siswa berminat untuk belajar karena didasari oleh mood atau keinginan dalam diri sendiri bukan karena ada atau tidaknya internet.

a.     Apakah manfaat dan dampak penggunaan internet terhadap minat belajar siswa?
Internet merupakan teknologi yang menyediakan berbagai informasi dan data yang kita butuhkan. Internet merupakan jaringan internasional yang dapat menghubungkan komputer yang ada di dunia. Tetntuknya setiap teknologi memiliki kekurangan dan kelebihan begitu juga dengan internet. Tidak semua informasi yang ada di internet menyajikan informasi yang positif tapi juga terdapat informasi yang bersifat negatif. Manfaat yang dapat diperoleh dari penggunaan internet. Diantaranya :
Ø Internet sebagai media komunikasi merupakan fungsi yang paling banyak digunakan dimana setiap pengguna internet dapat berkomunikasi dengan pengguna lainnya diseluruh dunia.
Ø Internet sebagai media pertukaran data dengan menggunakan e-mail, news group dan WWW (World Wide Web ) para pengguna internet diseluruh dunia dapat saling bertukar informasi dengan cepat dan murah. Dengan seperti itu, siswa disuatu negara dengan negara lainnya dapat saling bertukar informasi dan data untuk kemajuan pendidikan.
Ø Internet sebagai media untuk mencari data atau informasi yang penting dan akurat. Hal ini bisa membuat siswa memiliki pengetahuan yang luas dalam cangkupan dunia sehingga segala ilmu yang ada diseluruh dunia bisa dipelajari yang pada akhirnya meningkatkan kecerdasan dan pengetahuan yang luas dikalangan siswa.
Dampak negatif yang diperoleh dari penggunaan internet diantaranya:
*    Dengan adanya internet ini cenderung siswa karena merasa mudah membuat siswa menjadi malas untuk membaca buku.
*    Menghabiskan sebagian waktunya untuk membuka jejaring sosial dan game online sehingga kita banyak mengluarkan uang yang mungkin kurang bermanfaat.
*    Karena internet besifat bebas dan mudah diakses pornografi pun merajalela. Hal ini berdampak buruk bagi perkembangan prestasi dan mental siswa.
*    Menyebabkan fungsi mata terganggu oleh radiasi dari monitor. Sering terjadi nyeri pada bagian punggung karena saraf dipunggungnya terganggu akibat terlalu lama didepan komputer atau posisi duduk yang kurang nyaman.
*    Berdampak juga pada kesehatan manusia diantaranya mengubah alur kerja game, menghambat respon sistem imun, tingkat hormon, fungsi arteri dan mempengaruhi kondisi mental yang akhirnya hal tersebut berpotensi meningkatkan resiko gangguan kesehatan seperti kanker, stroke, penyakit jantung dan lain-lain.
*    Seorang yang menghabiskan waktunya di depan komputer akan jarang berolahraga sehingga kecanduan aktivitas ini dapat menimbulkan fisik yang lemah bahkan obesitas.
*    Selain dampak diatas kita juga sering mengenal dengan kata kecanduan internet yang berdampak pada prestasi dan minat belajar siswa.

b.     Bagaimana cara menanggulangi dampak negatif penggunaan internet terhadap minat belajar siswa ?
Berikut cara agar siswa tetap menggunakan internet namun tidak mengganggu prestasi dan minat belajar :
{ Pandai-pandai membagi waktu.
{ Tidak terlalu banyak online menggunakan internet tetapi menggunakan handphone yang lebih praktis.
{ Hanya memakai game online dan jejaring sosial pada waktu senggang.
{ Mengurangi aktifitas menggunakan internet, lalu waktunya digunakan untuk belajar.
{ Membatasi pemakainan internet.

c.      Bagaimana cara meningkatkan minat belajar ?
Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan minat belajar siswa diantaranya:
U Menghubungkan bahan pelajaran yang akan diajarkan dengan siswa maka minat belajar akan tumbuh manakala ia dapat menangkap bahwa materi pelajaran itu berguna untuk kehidupan sehari-hari.
U Menyesuaikan materi pelajaran dengan tingkatan pengalaman dan kemampuan siswa. Materi pelajaran yang terlalu sulit untuk dipelajari atau materi pelajaran yang jauh dari pengalaman siswa tidak akan diminati siswa. Materi pelajaran yang terlalu sulit tidak akan dapat diikuti dengan baik, yang dapat menimbulkan siswa akan gagal mencapai hasil yang optimal. Dan kegagalan itu dapat membunuh minat belajar siswa. Biasanya minat belajar akan tumbuh jika siswa mendapatkan kesuksesan dalam belajar.
U Belajar dengan menggunakan berbagai model dan strategi pembelajaran secara bervariasi, misalnya: diskusi, kerja kelompok, eksperimen, demonstrasi, dan lain-lain.
U Sisa menyadari sendiri akan pentingnya belajar dan berusaha menaikkan minat belajar masing-masing sendiri. Karena jika guru sudah mengusahakan berbagai macam cara untuk meningkatkan minat belajar siswa, tidak akan ada gunanya jika siswa itu sendiri sama sekali tidak peduli dengan minat belajar mereka.









BAB V
PENUTUP
5.1     Kesimpulan
Kesimpulan yang dapat kami peroleh dari hasil penelitian yang telah dilakukan adalah:
1.     Minat belajar dapat dipengaruhi oleh berbagai hal salah satunya oleh teknologi internet.
2.     Meskipun minat belajar dapat dipengaruhi, jika seseorang siswa memiliki kesadaran untuk menjaga minat belajar hal yang menjadi pengaruh tersebut tidak akan terlalu mempengaruhi minat belajar siswa.

5.2  Saran
Saran dari penulis untuk para pembaca adalah :
1.     Sebaiknya hanya menggunakan jejaring sosial atau game online disaat memiliki waktu yang luang agar minat belajar, proses belajar dan prestasi belajar tidak terganggu.
2.     Berusahalah untuk menambah minat belajar dengan cara yang dianggap menyenangkan, karena cara belajar setiap siswa berbeda-beda.
3.     Memanfaatkan internet untuk kepentingan yang positif.




DAFTAR PUSTAKA

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar